Nikmati Permainan, MU pun Menang

Manchester – Kemenangan atas Swansea City berarti lebih besar dari tiga poin untuk Manchester United. ‘Setan Merah’ lega bisa kembali ke rel yang benar di laga yang amat mereka nikmati.

MU menjamu Swansea di Old Trafford, Sabtu (2/1/2016) malam WIB dalam posisi tertekan. Mereka sudah tanpa kemenangan di delapan laga terakhir, memetik empat hasil imbang dan menelan empat kekalahan.

Tiga poin atas Swansea jadi sebuah hasil yang bisa dikatakan wajib didapatkan MU, untuk segera keluar dari situasi tak menyenangkan. Misi itu tuntas dilaksanakan anak asuh Louis van Gaal lewat kemenangan 2-1, berkat gol dari Anthony Martial dan Wayne Rooney yang dibalas satu kali melalui Gylfi Sigurdsson.

MU unggul di berbagai sektor di laga tersebut. Mereka lebih dominan dalam penguasaan bola dengan perbandingan 53%-47% seperti dicatat Whoscored, juga lebih banyak menciptakan peluang.

Ada 19 tembakan yang dilepaskan MU sepanjang laga, dengan enam di antaranya menemui sasaran. Sedang Swansea punya cuma sembilan percobaan dengan empat yang mengarah ke gawang dan satu membentur tiang.

MU sendiri bermain dengan sedikit berjudi, di mana mereka tampil dengan tiga bek menghadapi Swansea yang tampil dengan pola 4-4-2 berlian. Ashley Young yang ditempatkan di sisi kanan beroperasi lebih ke depan ketimbang jadi full back seperti biasanya.

Van Gaal menyebut formasi ini penuh risiko. Meski begitu Young justru mengaku tim amat menikmati pertandingan malam tadi, yang turut berperan menghasilkan kemenangan.

“Tentu saja kami menikmatinya. Menyenangkan bisa kembali ke jalur kemenangan. Penting bagi kami untuk mendapatkan tiga poin,” kata Young dikutip BBC.

“Di semua penjuru lapangan, kami punya banyak kesenangan. Kami menciptakan peluang-peluang. Saya merasa nyaman di sisi kanan. Saya cuma ingin terus menekan bek sayap mereka.”

“Merupakan sebuah penyelesaian peluang yang bagus dari Wayne Rooney (di gol kedua). Itu adalah insting penyerang, untuk bisa berada di posisinya dan menyelesaikannya,” sambungnya.

“Senang rasanya kami bisa menciptakan dua gol. Saya rasa hari ini kami menunjukkan cara yang kami inginkan untuk menyerang lawan.”

“Banyak tim yang datang ke sini untuk tampil bertahan. Kami ingin mengambil inisiatif dan bermain dengan cara yang kami inginkan,” demikian dia.