Peserta Piala Dunia Bakal Ditambah, Kans Indonesia Kian Besar

FIFA disebut tengah mempertimbangkan untuk menambah peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 40 tim.

Seperti diansir BBC, Komite eksekutif FIFA belum lama ini telah mendiskusikan perubahan jumlah peserta di Piala Dunia dalam pertemuan dua hari yang digelar di Zurich.

Namun demikian, ide yang kabarnya mendapat dukungan dari anggota-anggota FIFA dari benua Asia dan Afrika tersebut harus mendapat persetujuan dari 209 anggota komite eksekutif dan baru bisa dilaksanakan secara efektif mulai tahun 2026.

Sebagai informasi, Piala Dunia Prancis 1998 merupakan Piala Dunia pertama yang mulai menerapkan format 32 peserta, usai sejak tahun 1982 kompetisi selalu diikuti oleh tak lebih dari 24 negara.

Tambahan tiga negara akan menciptakan 32 pertandingan tambahan, yang membuat durasi kompetisi (biasanya satu bulan) diperpanjang satu pekan lebih lama.

Namun kabar baiknya, hal ini tentu akan memperlebar peluang Indonesia, untuk mewujudkan mimpi berlaga di pentas terakbar sepakbola dunia. Sebagai catatan, benua Asia hingga saat ini maksimal hanya bisa mengirimkan empat wakil dan satu di antaranya masih harus melewati babak play-off dengan tim dari benua Oseania.

Indonesia sendiri hingga kini masih belum lepas dari jerat sanksi FIFA, menyusul perseteruan yang terjadi antara PSSI dan Kemenpora.