Tundukkan Villa, Arsenal Geser City dari Puncak Klasemen

Birmingham – Arsenal memetik poin penuh dari lawatannya ke kandang Aston Villa. Menang 2-0, The Gunners menggusur Manchester City dari posisi teratas klasemen.

Dalam pertandingan di Villa Park, Minggu (13/12/2015) malam WIB, Arsenal sudah unggul cepat lewat penalti Olivier Giroud. Gol Aaron Ramsey di pertengahan babak pertama menggandakan keunggulan Arsenal.

Di babak kedua, Villa yang tertinggal lebih banyak melakukan tekanan. Tapi tuan rumah gagal memaksimalkan sejumlah peluang yang didapat dan tak ada tambahan gol yang tercipta di paruh kedua.

Dengan tambahan tiga poin dari pertandingan ini, Arsenal naik ke puncak klasemen dengan 33 poin dari 16 laga, unggul satu angka dari City. Sementara itu, Villa masih terbenam di dasar klasemen dengan enam poin.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung mengambil inisiatif menyerang lewat Theo Walcott. Tapi umpan terobosannya ke Olivier Giroud tak sukses dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Villa perlahan menguasai bola. Scott Sinclair yang membawa bola dari sisi kanan kemudian melakukan tusukan dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi Petr Cech masih bisa mengamankan bola tanpa kesulitan.

Arsenal mendapat penalti saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Walcott yang melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti dijatuhkan oleh Alan Hutton.

Giroud maju sebagai eksekutor. Sepakan striker asal Prancis itu tak bisa diantisipasi oleh Brad Guzan. Arsenal unggul 1-0.

Arsenal kembali mendapat peluang lewat sebuah tendangan bebas. Bola yang dieksekusi Oezil diteruskan dengan sundulan oleh Giroud. Guzan yang telanjur keluar dari sarangnya gagal menghalau bola. Tapi bola yang mengarah ke gawang bisa dihalau oleh Gestede.

Sebuah kesalahan dari Cech dalam mengantisipasi crossing Carlos Sanchez nyaris membahayakan gawang Arsenal. Bola justru memantul dan mengarah ke Leandro Bacuna. Beruntung bagi Arsenal, tendangan first time Bacuna masih melambung di atas mistar gawang.

Sebuah serangan balik Arsenal di menit ke-37 berbuah gol. Walcott yang menerima bola di lapangan tengah langsung mengirim umpan terobosan kepada Mesut Oezil.

Oezil tinggal berhadapan dengan Joleon Lescott yang menjadi satu-satunya bek Villa yang berada di area pertahanan. Oezil kemudian mengoper bola kepada Aaron Ramsey yang berdiri bebas dan tanpa kesulitan menjebol gawang Villa.

Memasuki babak kedua, Villa mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Hutton yang bergerak dari sisi kanan kemudian mengirim umpan yang disambut sundulan Rudy Gestede. Tapi upayanya itu masih melebar dari gawang Cech.

VIlla kembali menebar ancaman. Hutton sekali lagi melepaskan umpan dari sisi kanan, namun kali ini tandukan Sinclair melambung tipis di atas mistar gawang.

Di menit ke-63, sebuah tembakan melengkung dilepaskan Bacuna dari luar kotak penalti. Tendangan Bacuna tak bisa dijangkau oleh Cech. Tapi sial bagi Bacuna, bola masih melayang di atas gawang.

Tekanan yang terus dilancarkan Villa menghasilkan hingga empat kali tendangan sudut secara beruntun. Tapi tuan rumah tak mampu memaksimalkan peluang yang didapat.

Arsenal yang akhirnya bisa keluar dari tekanan Villa mulai menebar ancaman. Alex Oxlade-Chamberlain yang masuk menggantikan Walcott mendapat peluang bagus.

Berawal dari kerjasama Ramsey dan Oezil, Oxlade-Chamberlain kemudian menuntaskannya dengan sebuah tembakan. Upayanya sempat membentur pemain belakang Villa, tapi Guzan masih sigap menghalaunya dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Arsenal.

Di masa injury time, peluang hadir untuk Villa. Adama Traore melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti dan kemudian melepaskan tembakan. Tapi sepakannya itu hanya mengenai sisi luar jaring gawang Cech.

Hingga pertandingan usai, skor 2-0 untuk keunggulan Arsenal tetap bertahan.

Susunan Pemain

Villa: Guzan; Hutton, Okore, Lescott, Bacuna; Sanchez, Gueye (Grealish 78′); Sinclair, Veretout, Ayew; Gestede (Gil 57′)

Arsenal: Cech; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Ramsey, Flamini; Walcott (Oxlade-Chamberlain 64′), Oezil (Chambers , Campbell (Gibbs 64′); Giroud